Artikel


 
 

Labu Siam Bantu Tambah Darah


Last Update : 2015-01-27

Labu Siam Bantu Tambah Darah

Tahukah Anda kalau kurang darah itu berbahaya dan bisa mengganggu aktivitas. Dan, ternyata kurang darah itu bisa diobati dengan mengatur pola makanan.

Labu siam adalah salah satu sayuran yang selalu ada di tukang sayur dan populer di masyarakat kita. Sayuran ini punya manfaat yang besar bagi kesehatan, terutama untuk menambah darah. Sayangnya, dengan manfaat yang besar bagi kesehatan, labu siam hanya diolah sebagai masakan biasa. Dari sinilah, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mencoba membuat sirup labu siam.

Dia adalah Fauzia Budi Mariska. Inovasinya bersama para rekan mahasiswa adalah mencoba membuat inovasi dengan memanfaatkan buah labu siam menjadi sirup. Produk ini kemudian kami beri nama Silabus atau sirup labu siam. Tujuannya adalah menjadikan minuman tersebut sebagai alternatif minuman kesehatan.

Mahasiswa UNY itu menjelaskan pembuatan sirup labu siam pun tidaklah sulit. Pertama, memilih labu siam yang bagus dan tidak ada bagian yang busuk, kemudian dikupas.

Buah lalu dicuci bersih untuk menghilangkan getahnya. Langkah selanjutnya, daging buah dipotong-potong dan dihancurkan dengan blender hingga menjadi seperti bubur.

Setelah menjadi bubur, adonan lalu disaring dan diambil sari buahnya. Setelah itu, sari buah dipanaskan dengan menambahkan gula pasir dan garam secukupnya hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan sedikit asam sitrat ke dalam hasil rebusan. Terakhir, cairan sirup didinginkan dan sirup pun siap untuk dikonsumsi.

Manfaat labu siam diantaranya mampu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk penderita asam urat, penderita diabetes, menjaga kesehatan ginjal, memperlancar peredaran darah, mencegah kanker, dan mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Silabus sendiri merupakan inovasi yang dilakukannya bersama teman-teman sesama Jurusan Pendidikan IPA yakni Hanifah, Isna Amanatul Hayati dan Siti Rahmawati. MenurutFauzia, labu siam mempunyai prospek sebagai dietary food karena memiliki kandungan kalori yang rendah dan bisa digunakan sebagai makanan penambah rasa. Labu siam juga bersifat menyejukkan dan mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi.

Tak hanya membuat sirup labu siam, mereka juga telah melakukan uji coba pada masyarakat. Hasilnya, sirup buatan mereka cukup disukai. Tak hanya enak, silabus juga menyehatkan.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang